top of page
Search

Mengenal Natural Oil, Rahasia Kulit Sehat Cleopatra

Updated: Sep 23, 2021



Natural oil yang terbuat dari ekstraksi bagian-bagian tumbuhan sudah sejak lama digunakan oleh banyak peradaban kuno. Mulai dari Yunani, Romawi, Mesir, Cina dan Persia, mereka menggunakan natural oil untuk perawatan kecantikan, penyembuhan, dan juga aromaterafi.


Disebutkan bahwa Cleopatra yang kecantikannya mendunia itu, menggunakan natural oil untuk merawat kulit. Botol-botol berisi essential oil juga ditemukan di makam Raja Tutankhamen saat makamnya ditemukan tahun 1922. Wow, bahkan di after life, Raja Tutankhamen masih ingin ditemani koleksi oil-nya, ya, Happy Souls!


Tapi, apa, sih sebenarnya natural oil itu? Dan apakah manfaatnya benar-benar nyata untuk kulit?


Seperti yang kita tahu, natural oil terdiri dari carrier oil dan essential oil. Essential oil terbuat dari bunga atau daun tumbuhan, contohnya adalah lavender, patchouli, rose, dll. Masing-masing essential oil memiliki karakteristik yang khas dan segudang manfaat buat kulit. Jadi, sayang sekali jika kita punya banyak essential oil dan hanya berakhir di diffuser.


Carrier oil terbuat dari bagian berlemak tanaman, biasanya dari biji, kernel, atau kacang-kacangan, contohnya virgin coconut oil, avocado oil, jojoba oil, dll. Carrier oil tidak menguap dan tidak beraroma kuat seperti minyak essential. Carrier oil sering disebut sebagai minyak pembawa karena tugasnya adalah membawa essential oil ke dalam kulit. Seperti yang kita tahu, essential oil yang beraroma kuat dan mudah menguap, harus dilarutkan dulu ke dalam carrier oil sebelum bisa digunakan ke kulit.


Masing-masing carrier oil juga punya manfaat yang berbeda bagi kulit. Sesuai dengan tingkat resapannya, carrier oil dibagi menjadi 3 jenis yaitu resapan cepat, sedang dan lambat. Tingkat resapan carrier oil ini berpengaruh sekali dengan penggunaan minyak secara keseluruhan di kulit. Kita bisa memilah oil mana yang cocok untuk wajah, mana yang cocok untuk wajah berminyak, atau mana yang cocok untuk kult super kering.

Produk perawatan kulit banyak sekali yang menggunakan formula dasar natural oil. Dengan mengenali karakteristik essential oil dan memadukannya dengan tingkat resapan dan manfaat dari carrier oil, kita bisa menghasilkan produk perawatan kulit yang mumpuni, dari mulai face oil, body oil, bahkan anti aging serum!


Kalau Happy Souls ingin mempelajari natural oil lebih dalam, Soul Dewi sudah meluncurkan self-paced class mengenai formulasi natural oil. Di kelas ini, kamu bisa belajar seluk beluk natural oil dan memformulasikan produkmu sendiri.

Harga kelas Rp750.000 sudah termasuk akses kelas selama setahun penuh, grup tanya jawab, dan e-certificate.

Sampai ketemu di kelas, Happy Souls!






Tags:

22 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page