top of page
Search

Menjaga Produktivitas di Masa Pandemi dengan Mengaplikasikan Manajemen Stress

Updated: Sep 23, 2021



Beban selama pandemi dapat menimbulkan tekanan yang membuat tubuh bereaksi terhadap suatu perubahan yang mendadak, tak jarang reaksi tersebut membawa dampak yang kurang baik terhadap kesehatan sehingga dapat menimbulkan stres. Menurut penelitian stres dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental serta sistem imunitas tubuh manusia. Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah besar ditambah dengan hormon adrenalin. Akibatnya, tubuh mengalami peradangan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, stres juga dapat menurunkan kadar sel darah putih yang berperan penting sebagai antibodi untuk melawan virus.


Kemudian hal tersebut menimbulkan suatu pertanyaan bagaimanakah cara mengelola stres di masa pandemi agar membuat aktivitas tetap produktif walau dalam pembatasan jarak sosial? Setiap masalah tentu memiliki solusi, berikut tips mudah yang telah dirangkum oleh Soul Dewi untuk mengaplikasikan manajemen stres serta menjaga agar hidup tetap produktif walau dalam kondisi yang terbatas.


1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Asupan nutrisi sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang, dengan asupan nutrisi yang cukup dan sehat hal ini akan menciptakan tubuh yang kuat serta mampu melawan berbagai penyakit. Memperhatikan asupan nutrisi yang baik merupakan hal yang penting, kebiasaan ini dapat dimulai dengan menghindari makanan tinggi kolestrol, berminyak, rendah protein, tinggi kadar garam, pedas serta makanan cepat saji karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolestrol serta memicu obesitas. Selain itu kita juga harus pandai mengatur jadwal konsumsi makanan secara teratur diimbangi konsumsi sayur dan buah-buahan segar, kondisi tubuh yang sehat akan lebih mudah utuk menangkal stres serta membuat aktivitas menjadi lebih produktif.

2. Rutin berolahraga

Melakukan aktivitas fisik sangatlah penting salah satunya dengan berolahraga, selain menjaga tubuh tetap bugar olahraga juga dapat meningkatkan hormon endorfin yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas, mood dan membuat tubuh menjadi lebih rileks, namun di masa pandemi pergi ke pusat kebugaran serta berbagi alat olahraga cukup beresiko. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita dapat melakukan aktivitas fisik di rumah, walaupun olahraga di rumah, kita dapat memaksimalkan latihan fisik dengan berbagai gerakan yang dapat membakar lemak serta melatih kekuatan otot. Untuk memaksimalkan latihan fisik di rumah kamu dapat mengakses youtube chanel dan platform aplikasi home workout atau bahkan mulai membeli perlengkapan home workout pribadi.

3. Menyalurkan minat, bakat dan kegemaran

Di masa pandemi banyak aktivitas menjadi sangat terbatas, oleh karena itu kebanyakan aktivitas dilakukan di rumah seperti bekerja hingga urusan bisnis. Dengan beraktivitas di rumah sebenarnya ada banyak waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan minat, bakat dan hobi seperti bermain musik, memasak, menulis, membaca dan kegiatan positif lainnya. Menyalurkan hobi dapat membuat kita merasa bahagia, dengan munculnya rasa bahagia ternyata dapat mengurangi stres, selain dapat meningkatkan mood ternyata apabila ditekuni dengan disiplin kegemaran tersebut tak jarang dapat menghasilkan pundi-pundi uang, semenjak pandemi kini mulai banyak usaha rumahan yang berkembang seperti jualan kue online, makanan dan aneka produk unik lainnya.

4. Tetap terkoneksi dengan orang lain

Walaupun pemerintah gencar mengkampanyekan untuk menjaga jarak sosial, namun sebagai mahluk sosial kita tidak dapat terus-terusan berdiam diri atau bahkan malah menjadi acuh dengan lingkungan sekitar. Justru dengan semakin berkurang nya iteraksi sosial hidup terasa hampa dan memicu timbulnya stres. Maka dari itu tetap terkoneksi satu sama lain sangatlah penting, terutama bagi yang sudah berkeluarga momentum di rumah aja dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk lebih dekat satu sama lain serta meningkatkan kualitas hubungan dalam keluarga dengan komunikasi yang rutin atau bahkan melakukan aktivitas bersama-sama seperti bersih-bersih rumah, olahraga hingga memasak bersama, selain itu kita dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk saling terhubung satu sama lain.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup diyakini memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehehatan termasuk dalam mengurangi stres, menurut sebuah penelitian tidur kurang dari tujuh jam sehari diduga membuat tubuh rentan terkena penyakit. Pada saat tidur tubuh akan mengeluarkan senyawa sitokin, sitokin merupakan zat yang berperan dalam membantu tubuh untuk melawan infeksi, selain itu tidur yang cukup dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, meningkatnya hormon stres hingga berkurangnya produksi hormon insulin yang dapat menimbulkan diabetes, karena itu disarankan untuk tidur selama kurang lebih tujuh sampai delapan jam sehari. Di masa pandemi menyebabkan banyak karyawan mulai bekerja dari rumah, walaupun bekerja dari rumah ada perlunya kita harus dapat mengatur tempo jeda istirahat dengan melakukan beberapa peregangan agar tubuh tetap segar.

6. Meditasi

Meditasi diyakini merupakan alternatif untuk mengurangi rasa stress, meditasi memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan mental serta menjernihkan kembali pikiran kita. Meditasi dapat dilakukan di rumah dengan memfokuskan pikiran, bernafas secara perlahan, kemudian duduk dengan tenang, meditasi dapat dilakukan selama kurang lebih 10 sampai 30 menit dalam sehari. Untuk memaksimalkan meditasi kita dapat mendengarkan instrumen musik pengiring meditasi yang banyak tersedia di internet atau bahkan menggunakan berbagai macam aroma terapi yang membuat pikiran dan hati terasa lebih tenang. Kini Soul Dewi juga memfasilitasi Journey to Abundance Challenge di mana kamu ditantang untuk melakukan meditasi selama 21 hari, agar meditasimu semakin fokus, tenang dan nyaman Soul Dewi juga menyediakan Bach Flowers Remedies, nah jika kamu penasaran tentang Journey to Abundance Challege dan Bach Flowers Remedies yuk segera kunjungi website kami.

Nah cara-cara tersebut dapat kita lakukan selama beraktivitas di rumah, mengelola stres merupakan suatu cara yang efektif agar terhidar dari berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan dari stres itu sendiri, selain berdampak pada kesehatan, ternyata stres juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup seseorang. Yuk kelola stresmu dengan melakukan aktivitas bermanfaat selama di rumah aja, sayangi dirimu dengan menjaga tubuhmu agar tetap sehat.


23 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentários


bottom of page