top of page
Search

Tahapan Untuk Dapat Mencintai Diri (Self Love)

Updated: Sep 23, 2021

Apakah Self Love itu ?

Self Love (mencintai diri) adalah kemampuan untuk menerima dan mencintai diri apa adanya, baik kelebihan maupun kelemahan yang dimiliki.

Tingkat Self-love dalam diri seseorang akan membantu cara pandang seseorang dalam menghadapi tekanan dan tuntutan hidup, sehingga memampukan orang tersebut dalam mengelola diri baik secara fisik, pikiran dan emosi.

Self-Love dapat terbentuk melalui 5 tahapan siklus yang utama yaitu :

Self Awareness

kesadaran tentang diri; mengenal dan memahami diri sendiri, siapa saya, apa yang menjadi kebutuhan dan motif serta bagaimana pola saya dalam menjalani kehidupan (baik pola emosi, pikiran dan tindakan).


Self Acceptance

Sikap menerima dan merengkuh segala sesuatu yang ada dalam diri sendiri. Belajar menerima kekurangan dan mendayagunakan potensi/kelebihan yang ada dalam diri saya.


Self Forgiveness

Bagaimana saya dapat memaafkan dan berdamai dengan hal-hal yang tidak menyenangkan dari diri sendiri dan kehidupan saya (trauma, kelemahan, perasaan dan pikiran negative) sehingga mampu mencapai ketenangan batin


Self Care

Mengadopsi dan mempraktekkan pola/gaya/kebiasaan hidup yang dapat menunjang saya untuk dapat merawat diri dengan baik.



Self Appreciation

Menghargai dan bersyukur terhadap segala sesuatu serta usaha maupun pencapaian sekecil apapun yang membawa perubahan dalam diri saya ke arah yang lebih baik daripada sebelumnya



Di tahapan manakah dirimu saat ini?

7 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page